Panduan menulis posting, mengisi blog, atau membuat konten berkualitas dari Google ini wajib dipatuhi oleh para blogger. Bagaimanapun, Google adalah mesin pencari dan pengindeks utama blog/website.
Kita sudah akrab dengan ungkapan "isi adalah raja" (content is king). Itu terus berlaku dan makin diperkuat dengan update algoritma google yang baru (Update Google Panda).
Prinsip dasar pertama dalam membuat Konten Berkualitas menurut Google adalah menulis untuk user (pengguna, pembaca, pengunjung), bukan untuk mesin pencari. Jadi, fokusnya adalah menulis untuk pembaca, bukan untuk Google. Karenanya, menulislah dengan "wajar", normal, "dengan hati", dengan mengangkat topik yang sekiranya berguna dan dicari user.
"Jangan menipu pembaca Anda!" kata Google. "Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"
Google menyarankan agar blogger memikirkan saja tentang apa yang membuat blognya unik, berharga, atau menarik. "Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda," kata Google.
Prinsip dasar pertama dalam membuat Konten Berkualitas menurut Google adalah menulis untuk user (pengguna, pembaca, pengunjung), bukan untuk mesin pencari. Jadi, fokusnya adalah menulis untuk pembaca, bukan untuk Google. Karenanya, menulislah dengan "wajar", normal, "dengan hati", dengan mengangkat topik yang sekiranya berguna dan dicari user.
"Jangan menipu pembaca Anda!" kata Google. "Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"
Google menyarankan agar blogger memikirkan saja tentang apa yang membuat blognya unik, berharga, atau menarik. "Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda," kata Google.
Karakteristik Konten Berkualitas
Selain uni, berharga, dan menarik --yang terdengar "terlalu umum" bagi banyak blogger, konten berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Berguna, bermanfaat.
- Kaya informasi, lengkap, sesuai dengan yang diinginkan pembaca.
"Pikirkan kata-kata yang akan diketik pengguna untuk mencari laman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memuat kata-kata itu."
Pedoman Kualitas
- Buatlah blog yang utamanya untuk pembaca (pengunjung), bukan untuk mesin pencari.
- Jangan menipu user Anda! Jangan membuat judul tulisan yang isinya tidak tergambar di judul.
- Jangn copy paste (copas) atau republish tulisan lain. Buatlah tulisan yang asli, orisinal, buatan sendiri.
- Buatlah kata kunci yang relevan dengan deskripsi blog.
Pedoman selengkapnya bisa Anda baca di Pedoman Webmaster dari Google.
0 komentar:
Posting Komentar